5 Cara Mengatasi Startup Repair Paling Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Startup Repair

5 Cara Mengatasi Startup Repair Paling Mudah Dilakukan – Software ataupun hardware merupakan perangkat yang penting untuk menjalankan sistem operasi komputer atau laptop. Perangkat-perangkat ini memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk mendukung sistem komputer. Namun, seringkali terjadi sistem yang mengalami error saat menjalankan sistem operasi komputer terlebih lagi di bagian startup repair. Adapun beragam cara mengatasi startup repair sebagai solusi ketika sistem operasi komputer terganggu pada bagian startup repairnya.

Biasanya, untuk mengatasi permasalahan ini memang akan memakan sedikit waktu dan membutuhkan kesabaran agar komputer dapat beroperasi normal. Namun tidak perlu khawatir, ada beragam cara mengatasi startup repair yang akan diulas di bawah ini.

1. Restart atau Matikan Komputer Atau Laptop Yang Mengalami Error

Masalah atau gangguan yang muncul saat menggunakan komputer memang beragam dan hal yang paling mudah dilakukan yaitu dengan melakukan restart atau mematikan komputer. Cara ini sangat mudah dilakukan dengan menekan power on/off beberapa saat hingga komputer mati. Kemudian, diamkan beberapa saat agar komputer dapat menghentikan sistem operasinya. Nyalakan laptop kembali setelah beberapa saat. Jika cara ini berhasil, Windows akan beroperasi seperti keadaan normal.

2. Mengubah Sistem Menjadi Safe Mode

Cara ini bisa menjadi pilihan ketika sistem Windows mengalami masalah atau error. Tujuan menjalankan sistem safe mode yaitu agar menghentikan program yang dijalankan dan yang mungkin dapat memicu penyebab terjadinya gangguan di startup repair. Untuk menjalankan safe mode, gunakan CD instalansi Windows dan lakukan booting. Jika sudah, klik pilihan menu repair your computer, kemudian pilih advanced options dan klik startup settings.

Saat memasuki menu yang menampilakan startup settings, lakukan restart atau mulai ulang komputer dengan cara menekan tombol F4 di keyboard komputer. Setelah ini dilakukan, sistem operasi safe mode akan dijalankan pada sistem komputer.

Read Also :  Tutorial Cara Nonton Netflix Gratis di Android Melalui Free Trial

3. Menggunakan Teknik Last Known Good Configuration

Ketika cara diatas belum bisa memperbaiki sistem, lakukan cara mengatasi startup repair selanjutnya yaitu dengan melakukan proses LKGC atau Last Known Good Configuration. Proses ini bisa dilakukan dengan cara memulai ulang atau restart dahulu komputer atau laptop yang mengalami error. Pilih Advanced Option Menu dan klik menu Last Known Good Configuration yang ada hingga muncul keterangan mengenai LKGC. Jika sudah memilih fitur LKGC, komputer akan mengalami booting beberapa saat kemudian jika berhasil komputer akan beroperasi seperti semula.

4. Memanfaatkan System Restore

Masih ada cara apabila beberapa cara diatas tidak bisa memperbaiki error yang terjadi di bagian startup repair. Ketika gagal booting terjadi di bagian startup repair, terdapat beberapa  pilihan yang diberikan yaitu send serta don’t send. Dari pilihan tersebut, pilihlah menu don’t send kemudian klik lagi pilihan view diagnostic and repair. Jika hal tersebut sudah dilakukan, lakukan langkah-langkah yang terdapat di menu view advance option for system recovery and support. Setelah ini cukup tinggal mengklik Ok.

5. Mengatur CHKDSK pada CMD

Langkah berikutnya jika tahap sebelumnya tidak berhasil, ubah pengaturan CMD komputer. Pertama, pasang CD instalansi Windows. Lakukan pula restart komputer kemudian lakukan boot dengan mengunkan CD instalansi Windows. Klik pada menu repair your computer kemudian tunggu beberapa saat. Pilih fitur Command Promp lalu ketikkan chkdsk c: /f dan tunggu proses dijalankan pada sistem hingga selesai.

Jangan mematikan komputer atau laptop saat melakukan proses ini. CMengatasi Startup Repairara ini memang membutuhkan kesabaran karena proses scan akan memakan beberapa waktu. Langkah ini juga alangkah lebih baik dilakukan walaupun tidak terdapat error atau gangguan yang dialami sistem Windows agar bisa menghindari error yang tidak diinginkan.

Read Also :  How to Remove TikTok Watermark on Android Phone, Use These 5 Tricks!

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi startup repair yang dapat menjadi solusi ketika sistem mengalami masalah. Apabila beberapa solusi ini tidak mampu memperbaiki dan mengatasi gangguan pada komputer, maka pilihan terakhir yang dapat dilakukan adalah install ulang Windows komputer. Penting sekali untuk mengamankan file-file penting pada cloud untuk menghindari resiko saat memilih untuk install ulang sistem komputer.

Leave a Comment