Tidak Perlu Ribet, Berikut 7 Cara Mengatasi Kamera HP Buram yang Ampuh

Cara Mengatasi Kamera HP Buram

Tidak Perlu Ribet, Berikut 7 Cara Mengatasi Kamera HP Buram yang Ampuh – Salah satu spesifikasi yang pertama dilihat dan dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan membeli HP tertentu adalah komponen kamera yang dimiliki. Namun sayangnya, setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu, komponen kamera HP biasanya tidak dapat berfungsi dengan baik karena buram. Oleh karena itu, berbagai cara mengatasi kamera HP buram diperlukan oleh masyarakat.

Walaupun kamera yang ditawarkan oleh merk HP tertentu dikenal dengan kualitasnya yang terbaik, kamera HP tetap memerlukan perawatan yang ekstra. Selain perlu perlu dibersihkan setiap minggu, bagian pengaturan Kamera HP juga sebenarnya perlu dicek secara berkala. Untuk lebih lanjut, silahkan simak penjelasan tentang cara mengatasi kamera HP buram berikut ini:

1. Mencoba Aplikasi Lainnya yang Tersedia

Mendukung fitur fisik kamera yang biasanya terdapat di ujung body HP, aplikasi bawaan kamera memang disediakan sejak awal oleh produsen. Ketika aplikasi kamera bawaan tersebut digunakan dan kamera justru terlihat buram, coba alihkan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi kamera lainnya. Jangan khawatir, Google Play telah menawarkan berbagai aplikasi kamera yang berkualitas tinggi.

2. Memanfaatkan Pasta Gigi

Cara mengatasi kamera HP buram ini mungkin awalnya terdengar sedikit aneh, namun cara ini jangan sampai dilewatkan untuk dicoba. Coba ambil sedikit pasta gigi non gel di ujung tangan kemudian letakkan secara merata di lensa kamera yang buram. Sebelum itu, pastikan dahulu bahwa kamera buram memang dikarenakan adanya goresan tertentu.

Read Also :  Begini 5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Di Android Paling Ampuh

3. Mengecek Bagian Pengaturan Kamera

Seperti yang dijelaskan pada pengantar, pengaturan kamera yang terdapat di HP bisa menjadi kunci sekaligus solusi permasalahan dari kamera buram. Coba masuk ke dalam pengaturan aplikasi kamera yang terdapat dalam HP masing-masing lalu cek bagian jumlah data yang telah digunakan. Setelah itu, lanjutkan dengan membersihkan data kamera yang terlalu penuh.

4. Menggunakan Bantuan Selotip

Selain dapat menggunakan bantuan pasta gigi, cara mengatasi kamera HP buram juga dapat dilakukan dengan mudah melalui bantuan selotip. Pilih selotip yang berwarna bening dengan ukuran yang tidak terlalu lebar kemudian potong sebesar ukuran kamera yang tersedia di HP. Kemudian tempelkan potongan tersebut dengan hati-hati dan jangan lupa dijaga kebersihannya.

5. Menyimpan Kamera HP dalam Beras

Selanjutnya, cara yang bisa dicoba untuk mengatasi kamera HP yang buram adalah menyimpan HP tepatnya kamera di dalam beras. Cara ini biasanya dipilih karena kamera HP menjadi buram dikarenakan terkena embun tertentu. Walaupun begitu, pastikan menyimpan HP dalam beras dalam kurun waktu yang sesuai dan tidak lebih dari tiga hari.

6. Melepas Pelindung yang Dipasang

Pada umumnya, setiap HP yang digunakan akan dilengkapi dengan pelindung atau casing yang bervariasi dengan kualitas yang berbeda-beda. Sayangnya, pelindung HP yang dipasang juga memiliki umur tertentu sehingga jika tidak segera diganti, maka dapat menurunkan kualitas kamera. Solusinya, coba lepas pelindung yang biasanya dipasang tersebut dan gunakan kamera di HP.

7. Mengganti Lensa Kamera Secara Rutin

Seperti beberapa bagian lainnya seperti baterai dan layar, fitur fisik kamera dari setiap HP sebenarnya perlu dilakukan pergantian dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, jika kamera buram dan tidak berfungsi dengan baik, maka solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti bagian lensanya. Namun pastikan memilih lensa kamera dengan kualitas yang terpercaya.

Read Also :  5 Cara Mendapatkan 1000 Subscriber dengan Cepat dan Mudah

Ketujuh cara mengatasi kamera HP buram yang dijelaskan dalam penjelasan di atas dapat diketahui dan dipahami sebelumnya sebelum dipraktikkan. Setiap cara di atas memiliki karakteristik masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kondisi dari kamera HP yang dimiliki. Ditambah lagi, masyarakat tidak perlu khawatir karena cara-cara tersebut dapat dipraktikkan dengan cukup mudah.

Leave a Comment