Ketahui Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses Berikut ini

Google Drive Minta Izin Akses

Ketahui Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses Berikut ini – Google Drive bisa dibilang merupakan cara yang efisien untuk memastikan data tetap aman dan tidak akan hilang dan tentu saja tanpa perlu memenuhi memori. Sistem penyimpanan ini menjadi populer sejak diluncurkan pada April 2012 lalu. Penggunaannya yang praktis dengan hanya perlu akses menggunakan email aktif adalah salah satu kelebihannya. Namun bagaimana cara mengatasi Google Drive minta izin akses saat akan digunakan? Simak tipsnya berikut ini:

1. Buka Google Drive

Izin akses pada Google Drive yang selalu muncul biasanya terjadi karena akun dalam keadaan private. Hal inilah yang menyebabkan orang lain tidak akan bisa melihat file tersimpan orang lain. Membuka akses pada akun google Drive adalah cara mengatasi google Drive minta izin akses sehingga file bisa dibagikan dan dilihat orang lain.

Cara mengatasi Google Drive minta izin akses yang pertama adalah membuka situs Google Drive. Pastikan email serta password benar supaya tidak ada kendala untuk masuk ke akun Google Drive. Apabila pengguna sudah berhasil masuk, maka akan muncul jendela baru yang nantinya memuat berbagai jenis folder pemilik email.

2. Pilih File yang Akan Diakses

Apabila Google Drive sudah berhasil diakses oleh pengguna dan jendela yang memuat folder sudah terbuka, maka selanjutnya adalah memilih file. Pengguna bisa memilih folder yang ingin di buka akses publiknya. Scroll ke bawah untuk menemukan folder yang dibutuhkan.

Read Also :  Cara Merekam Layar HP Xiaomi, Gunakan Aplikasi Ini!

3. Atur Permalink Google Drive

Langkah selanjutnya untuk memberikan izin akses pada Google Drive yaitu mengatur permalink. Silakan klik kanan pada file yang ingin diberikan izin akses atau bisa juga menggunakan opsi menu titik tiga pada sisi kanan atas. Pilih opsi dapatkan link atau kelola orang dan link. Pada opsi inilah yang nantinya akan memungkinkan izin akses Google Drive bisa dirubah dan dilihat orang lain.

4. Ubah dari Privat ke Publik

Cara mengatasi Google Drive minta izin akses selanjutnya adalah mengubah status privasi ke publik. Langkah ini dilakukan sebagai solusi yang bisa dilakukan supaya file atau folder nantinya dapat diakses dan dibagikan.

Apabila jendela baru telah muncul dan membuat status privasi Google Drive serta link tertera di bawah status, maka pengguna bisa mulai mengubah status. Klik pada bagian link, kemudian pilih opsi ‘siapa saja yang melihat link’ atau ‘pengakses lihat saja’. Tunggu beberapa saat hingga link berganti menjadi publik, maka kemudian Google Drive sudah dapat diakses.

5. Bagikan Link yang Ingin Diakses

Pengguna bisa mulai membagikan file yang dibutuhkan kepada orang lain bila proses di atas telah selesai dilakukan dan tanpa kendala yang menyertai. Tahap akhir untuk memastikan bahwa Google Drive sudah dapat diakses adalah membagikan link tersebut kepada pengakses lain. Salin link Google Drive yang ingin dibagikan, kemudian paste pada email calon pengakses.

Pastikan link telah berhasil diubah terlebih dahulu statusnya sebelum dibagikan untuk memungkinkan file dapat dilihat orang lain. Minta pemilik email tersebut membuka link yang telah di share untuk memastikan apakah file dapat akses atau tidak.

Read Also :  Begini Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor Termudah

Berikut tadi adalah cara mengatasi Google Drive minta izin akses. Apabila pengguna Google Drive memutuskan untuk mengubah status dari privat menjadi publik maka pastikan file tidak bersifat sensitif. Pastikan bahwa link file Google Drive yang dibagikan kepada publik bukan dokumen pribadi yang bersifat privasi supaya tidak disalahgunakan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!