Berikut Beberapa Cara Mengembalikan Data Aplikasi yang Terhapus di HP

Cara Mengembalikan Data Aplikasi yang Terhapus

Mudah dan Ampuh, Berikut Beberapa Cara Mengembalikan Data Aplikasi yang Terhapus di HP – HP dapat dikatakan sebagai salah satu perangkat yang saat ini lebih sering dimanfaatkan sebagai media untuk menyimpan data-data tertentu. Data-data tersebut umumnya tersimpan melalui File Manager ataupun tergabung dalam kapasitas memori yang digunakan oleh suatu aplikasi. Namun, dalam kondisi tertentu, informasi tentang cara mengembalikan data aplikasi yang terhapus tetap diperlukan.

Data-data dalam HP dapat dikategorikan berdasarkan aplikasi apa saja yang sering digunakan oleh pengguna. Ada yang berupa gambar, ada pula yang tersimpan dalam format dokumen seperti Word atau Excel. Namun jika secara tidak sengaja data-data yang tersimpan itu terhapus atau hilang, maka pengguna dapat mencoba prosedur seperti di bawah ini:

1. Memanfaatkan Layanan Photos dari Google

Untuk mendapatkan kembali gambar di HP kurang dari dua bulan, pengguna dapat memanfaatkan layanan bernama Google Photos. Cara mengembalikan data aplikasi yang terhapus pertama ini dapat diaktualisasikan dengan mudah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Cukup perhatikan data apa saja yang ingin dipulihkan dan pilih sesuai dengan kapasitas memori yang tersedia.

2. Menggunakan ES File Explorer File Manager

ES File Explorer File Manager merupakan aplikasi yang cukup terkenal di Play Store yang digunakan untuk memperoleh kembali data HP. Aplikasi yang memiliki tampilan utama dengan warna biru muda ini juga dapat diunduh secara gratis melalui layanan Play Store. Unduh aplikasi bantuan tersebut, install, kemudian jalankan dalam jangka waktu tertentu.

Read Also :  Download Smadav 2021 Free [Terbaru]

3. Mengunduh 4EXT Recovery di Play Store

Selain menggunakan bantuan aplikasi bernama ES File Explorer File Manager, terdapat pula aplikasi lainnya yang dinamakan dengan 4EXT Recovery. Namun sayangnya, aplikasi yang juga mudah ditemukan melalui layanan Play Store ini hanya bisa dipakai jika pengguna sudah berlangganan. Walaupun begitu, tata cara yang ditawarkan oleh aplikasi ini mudah untuk dipraktikkan.

4. Mencoba Layanan Google Drive

Perusahaan Google memang sudah menyediakan berbagai layanan khas untuk para pengguna HP, mulai dari Google Photos hingga Google Drive. Melalui Google Drive, pengguna juga dapat memperoleh kembali data yang hilang melalui fitur yang dinamakan dengan trash. Sayangnya, fitur trash tersebut hanya dapat mengembalikan data yang terhapus dalam kurun waktu tertentu.

5. Menjadikan EaseUS MobiSaver Sebagai Media

Terdapat aplikasi yang dikenal dengan nama EaseUS MobiSaver yang dapat dimanfaatkan sebagai media dalam cara mengembalikan data aplikasi yang terhapus. Aplikasi ini dapat dikatakan cukup canggih karena dapat memulihkan berbagai data dalam format yang bervariasi mulai dari JPEG hingga MP4. Ditambah lagi, aplikasi EaseUS MobiSaver ini cukup mudah untuk dijalankan.

6. Mengecek Bagian Trash pada Google Mail

Jika data yang terhapus di HP merupakan data yang diperoleh melalui layanan Google Mail, maka para pengguna tidak perlu terlalu khawatir. Cukup masuk ke dalam aplikasi Google Mail yang telah tersedia, kemudian langsung cek saja bagian yang dinamakan dengan trash. Pada bagian tersebut, pengguna dapat memperoleh kembali data yang diinginkan.

7. Memakai Aplikasi pada Komputer

Cara terakhir yang dapat dicoba untuk memperoleh kembali data aplikasi yang terhapus di HP adalah memanfaatkan media lain, yaitu komputer. Namun sebelum itu, pastikan bahwa aplikasi bernama Recuva telah diunduh dan dijalankan pada komputer yang akan digunakan. Jangan lupa untuk memasangkan HP masing-masing ke dalam komputer tersebut melalui media kabel.

Read Also :  5 Ways to Remove TikTok Watermark on iPhone, Easy and Simple!

Memperoleh data-data yang hilang atau terhapus dari aplikasi-aplikasi di HP dapat dilakukan dengan prosedur yang cukup mudah. Pahami setiap cara mengembalikan data aplikasi yang terhapus di atas sebelum benar-benar mempraktikkannya secara langsung. Selain itu, pastikan setiap cara yang dipilih sudah sesuai dengan kondisi dari HP masing-masing atau aplikasi yang dimaksud.

Leave a Comment