5 Cara Menggunakan VPN Bawaan Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

5 Cara Menggunakan VPN Bawaan Android Tanpa Aplikasi Tambahan– Virtual Private Network menjadi jaringan yang marak digunakan pada 22 Mei 2019 sebagai solusi akses internet saat terjadi aksi massa saat itu. Layanan internet ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai macam situs berita dan pusat informasi yang terblokir. VPN sendiri sebenarnya juga sudah tersedia pada setiap handphone android sebagai sistem bawaan. Cara menggunakan VPN bawaan android juga terbilang tidak sulit.

Menjadi jaringan yang yang terbilang aman dan tanpa batas membuat VPN menjadi salah satu network system favorit untuk menjelajahi internet. Bahkan kini banyak juga pengguna android yang mulai menggunakan jaringan ini. Tapi bagaimana sebenarnya cara menggunakan VPN bawaan android? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Akses VPNbook.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara menggunakan VPN andorid yaitu akses web VPNbook.com pada salah browser. Website inilah yang nantinya akan membawa pengguna bisa masuk dan menggunakan VPN. Browser yang digunakan juga bisa apa saja, bisa menggunakan Chrome, Opera Mini Firefox atau lainnya.  Penggunaan Browser ini nantinya yang akan membantu mengakses website VPN. Pengguna juga tidak perlu mendownload aplikasi tambahan pada play store atau app store bila sudah menggunakan website VPN.

2. Pilih Menu PPTP

Langkah selanjutnya untuk akses menggunakan VPN adalah pilih opsi PPTP  pada jendela menu yang terbuka setelah berhasil mengakses VPNbook.com. Pada jendela menu ini akan muncul beberapa pilihan yaitu News, PPTP, OpenVPN, Outline VPN serta Dedicate VPN.

Read Also :  Cara Menghapus Foto Profil di Akun Google dengan Cepat

PPTP ini akan membuka jendela baru yang memuat daftar user server  beserta password. Server inilah nantinya yang akan digunakan sebagai ID pengguna saat menjelajahi internet. Salin ID server yang disediakan pada jendela menu PPTP pada menu catatan di handphone. Pastikan semua ID server yang dipilih telah tersalin keseluruhan mulai dari ID User, alamat server hingga nama pengguna.

3. Pergi ke Menu Setting pada Handphone

Apabila ID sudah disalin dengan tepat dan benar tanpa ada kesalahan, maka selanjutnya adalah mulai melakukan setting menu pada android. Silahkan masuk pada menu setting kemudian scroll ke bawah dan cari opsi VPN. Langkah selanjutnya pilih opsi add VPN pada menu yang tersedia.

4. Masukkan ID Server

Tahap selanjutnya sebagai cara menggunakan VPN bawaan android adalah melakukan copy paste ID server. Cari opsi tambah VPN yang tersedia pada jendela setting menu VPN. Isi pada bagian nama, alamat server, nama pengguna dan password sesuai dengan ID server yang telah disalin sebelumnya. Biarkan jenis serta enkripsi PPP tetap seperti semula tanpa diubah.

ID ini berfungsi sebagai nama samaran yang nantinya akan digunakan pengguna saat menjelajahi internet. Hal ini memungkinkan identitas asli dari pengguna tidak akan dapat diketahui oleh orang lain saat berselancar di internet. ID server inilah juga yang nantinya akn menjaga kerahasiaan identitas pengguna.

5. Aktifkan Tombol Konfigurasi

Akhir dari proses pengaktifan VPN pada android bisa terlihat bila telah muncul tombol konfigurasi pada jendela menu. Apabila tombol konfigurasi ini telah muncul, maka pengguna diharuskan untuk mengaktifkan terlebih dahulu tombol tersebut. pengguna bisa mulai menjelajahi internet tanpa batas bila proses pengaktifan telah selesai.

Read Also :  Cara Menghilangkan Watermark TikTok Di HP Android, Pakai 5 Trik Ini!

Berikut tadi adalah 5 langkah serta cara menggunakan VPN bawaan android tanpa bantuan aplikasi yang kan memenuhi memori. Sebagai Networking legal dan bebas, namun penggunaan VPN secara bijak juga tetap dianjurkan untuk tetap menjaga etika saat mengakses internet.

Leave a Comment