Begini Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor Termudah

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor

Begini Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor Termudah – Ada yang masih bingung bagaimana cara memperbaiki baterai hp yang bocor sampai sekarang? Hp tipe smartphone seperti yang banyak digunakan saat ini memang punya banyak kelebihan. Namun jangan lupa juga hp smartphone sangat rawan baterai bocor. Tanda-tandanya baterai bocor cukup beragam.

Mulai dari daya hp yang cepat habis padahal tidak banyak dipakai. Bisa juga hp tiba-tiba langsung mati padahal tidak lama diisi daya sampai penuh. Tapi tenang, ada beberapa cara memperbaiki baterai hp yang bocor dengan mudah. Jika mau tahu lebih lengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini:

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor Termudah

1. Lepaskan Baterai Dari Hp

Jika ingin memperbaiki  baterai hp yang bocor, tentu saja pengguna harus melepaskannya dulu. Hati-hati saat melepasnya. Bila merasa kurang paham caranya, lebih baik cari tutorialnya dulu di internet supaya lebih aman. Setelah baterai sudah berhasil terlepas dari hp langsung pegang dan periksa suhunya. Pastikan suhu baterai cukup normal. Artinya bila saat dipegang suhu baterai masih panas, sebaiknya diamkan terlebih dahulu.

2. Masukkan Baterai Dalam Plastik Lalu Simpan Dalam Lemari Pendingin

Jika merasa suhu baterai hp sudah normal, silahkan cari plastik pembungkus. Ada baiknya gunakan plastik yang transparan kalau memungkinkan. Selain itu pastikan memilih plastik pembungkus yang agak besar. Dengan begitu ketika baterai hp dimasukkan ke dalamnya tidak akan akan ada udara yang bisa masuk. Jangan lupa setelah baterai hp dimasukkan dalam plastik, ikat dengan kuat. Bisa menggunakan tali atau lakban sampai benar-benar rapat. Setelah itu bisa langsung masukkan ke dalam lemari pendingin.

Read Also :  5 Cara Transfer Uang Ke Rekening Orang Dengan Mudah

3. Tunggu Beberapa Jam Sampai Baterai Cukup Beku

Langkah selanjutnya dari cara memperbaiki baterai hp yang bocor adalah pengguna tinggal menunggu. Setidaknya sampai baterai hp tersebut dalam kondisi cukup beku. Pada umumnya, baterai sudah lumayan beku ketika disimpan dalam kulkas atau lemari pendingin selama lebih kurang 8 hingga 12 jam.

4. Keluarkan Dari Kulkas, Tunggu Suhu Baterai Kembali Normal

Saat sudah mencapai 12 jam, segera keluarkan baterai dari dalam kulkas. Tapi ingat, jangan dulu memasang baterai langsung pada hp. Suhu baterai harus kembali normal baru boleh dipasang. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 120 menit atau 2 jam. Penting diperhatikan agar tidak terlalu lama meletakkan di dalam lemari pendingin.

5. Pasang Baterai Pada Hp

Setelah suhu baterai sudah normal kembali, bisa langsung dipasang pada hp. Ingatlah untuk memasangnya dengan baik dan benar. Jika sampai salah pasang tentu saja akan berpengaruh pada kinerja hp nantinya. Kalau belum paham, ada sebaiknya pelajari dulu melalui beberapa tutorialnya di internet atau buku pedoman hpnya.

6. Isi Daya Baterai Hp

Jika sudah berhasil terpasang dengan baik, hp bisa segera di charge. Usahakan untuk memakai charge hp yang asli. Pasalnya charger kw biasanya memiliki arus listrik yang rendah dan cenderung tidak stabil. Hal ini merupakan salah satu penyebab baterai hp cepat rusak. Lagipula charger kw malah membuat proses pengisian daya jadi lebih lama. Normalnya charge hp memerlukan sekurang-kurangnya 8 jam. Boleh ditambah lebih lama, yang penting isi daya baterai sampai penuh. Satu lagi pastikan saat mengisi daya, kondisi hp dalam posisi mati atau off.

7. Menyalakan Hp Setelah Daya Penuh

Setelah daya baterai hp penuh, bisa langsung dinyalakan. Periksa apakah sudah ada perubahan dengan sebelumnya. Kalau prosesnya berhasil, biasanya kinerja baterai akan kembali normal. Bisa bertahan lebih lama dari sebelumnya walaupun cukup sering digunakan. Selain itu hp juga tidak cepat panas sehingga dapat bekerja lebih maksimal.

Read Also :  5 Cara Merekam Telepon WA Tanpa Aplikasi, Wajib Dicoba!

Itu tadi cara memperbaiki baterai hp yang bocor dengan mudah. Jika seandainya dengan cara di atas baterai belum juga menunjukkan tanda perubahan, pengguna bisa langsung bertanya pada ahlinya. Mungkin bisa langsung pergi ke service center hp tersebut untuk mendapatkan solusi terbaik.

Leave a Comment