Cara Melacak Nomor Telepon Penipu, Segera Catat!

Cara Melacak Nomor Telepon Penipu

Cara Melacak Nomor Telepon Penipu, Segera Catat! – Era perkembangan teknologi yang cepat berkembang juga menyebabkan segala elemen harus mengikutinya. Begitu pula dengan berbagai aspek yang membutuhkan teknologi, seperti jual beli. Belakangan ini cukup banyak kasus seputar penipuan berkedok jual beli online. Akibatnya, cara melacak nomor telepon penipu melalui internet menjadi salah satu jalan keluar untuk memastikan pelaku.

Biasanya, pelaku penipuan menggunakan nomor telepon yang digunakan juga untuk menipu orang lain. Karena kini, sistem di Indonesia membutuhkan data diri dalam mendaftarkan nomor telepon. Setidaknya pemerintah telah berusaha membantu untuk mencegah kejahatan ini. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa pelaku mungkin saja memiliki berbagai cara licik demi melaksanakan aksinya.

Melacak Nomor Telepon Penipu

1. WhatsApp Web

Salah satu cara melacak nomor telepon penipu adalah menggunakan WhatsApp web melalui komputer atau laptop yang dimiliki. Saling berkirim pesan dapat digunakan untuk mendapatkan alamat IP nomor yang ingin di cek. Tekan Ctrl, Alt, dan Del untuk memunculkan task manager.

Lalu langkah selanjutnya adalah menekan Windows dan R bersamaan ketika task manager muncul. Ketik cmd kemudian enter dan ketik netstat kemudian enter kembali. Foto atau catat alamat IP yang muncul, alamat IP dapat dilacak dengan website yang tersedia di internet.

2. Kontak Operator

Berbagai operator yang menyelenggarakan nomor telepon memiliki kontak untuk membantu para penggunanya terhindar dari penipuan. Untuk operator XL dan Indosat dapat mengirimkan pesan CARI 08XXXX kemudian kirim 9111. Bagi operator Telkomsel dapat mengirimkan pesan singkat ke 5200 dengan format Teman (spasi) Nama pengguna (spasi) Nomor yang ingin dicek.

3. Website kredibel.co.id

Melalui pencarian di website kredibel.co.id dapat diketahui apakah nomor telepon seseorang memiliki laporan sebelumnya atau tidak. Tampilan website yang sederhana,  penggunaan mudah, dan hasil cepat. Website ini mampu memberikan data terkait nomor yang ingin dicari untuk memastikan memiliki laporan sebelumnya atau tidak.

Read Also :  6 Aplikasi Yang Bekerja Sama Dengan OVO tahun 2021

4. Aplikasi Truecaller: Phone Caller ID, Spam Blocking & Chat

Truecaller  merupakan aplikasi yang mampu melacak lokasi nomor telepon yang ditunjukkan oleh Google Maps. Aplikasi ini dapat membantu jika membutuhkan data tambahan untuk pelaporan. Cara penggunaan aplikasi ini adalah dengan melihat riwayat panggilan yang telah diizinkan sebelumnya.

Dari nomor yang ingin diketahui, terdapat tanda huruf i dengan lingkaran. Lalu klik dan dapat diketahui tentang informasi pribadinya, yaitu nama dan asal negara. Ketika menekan asal negara, maka aplikasi akan tersambung dengan Google Maps dan menunjukkan lokasi pemakaian nomor tersebut.

5. Aplikasi Getcontact

Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Playstore ini cukup dipercaya untuk mengetahui nomor telepon orang lain. Sistem pencarian Getcontact adalah dengan melihat berbagai nama yang disimpan untuk nomor telepon terkait. Beberapa korban sangat mungkin menyimpan nomor orang yang melakukan penipuan sebagai penipu atau sebutan lainnya.

Dari informasi yang diberikan oleh aplikasi Getcontact, apabila ditemukan nama kontak yang tersimpan di orang lain sebagai orang yang dicurigai. Maka, setidaknya hal tersebut mampu mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Melalui kerja sama yang baik dari masyarakat, contoh sederhananya dengan melaporkan nomor telepon penipu. Dengan pilihan yang sederhana, setidaknya mampu membantu mendata riwayat dari pelaku penipuan untuk mencegah lebih banyak jatuhnya korban.

Nah itu tadi, beberapa hal yang dapat dijadikan cara melacak nomor telepon penipu melalui berbagai jenis pilihan platform. Walaupun, penipuan masih terus berkembang dan beredar di sekitar masyarakat. Namun, hal tersebut bukan menjadi penyebab seorang korban penipuan harus diam atau berpangku tangan atas apa yang terjadi.

Leave a Comment