Wajib Tahu, Inilah Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membelinya

Cara Cek Laptop Bekas

Inilah Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membelinya – Tidak sedikit orang berpikir ingin membeli laptop bekas. Tidak salah memang, karena harga laptop baru yang cenderung mahal, membeli yang second dirasa bukan masalah besar. Namun tentu ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Agar tidak salah dalam membeli laptop bekas. Nah, berikut ini merupakan cara cek laptop bekas yang wajib dilakukan :

Inilah Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membelinya

1. Cek Kondisi Fisik Atau Body Laptop

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memeriksa kondisi dari bodi laptop. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi barang tersebut. Apakah masih layak atau memang sudah sangat rusak. Periksa apakah ada retak atau lecet pada laptop. Jika iya, kemungkinan besar laptop tersebut pernah jatuh dan bisa saja ada kerusakan pada komponen di dalamnya. Jadi lebih baik memilih laptop dengan kondisi yang masih mulus.

2. Periksa Kondisi LCD Atau Layar Laptop

Hal berikutnya yang tidak boleh diabaikan adalah memeriksa kondisi dari layar laptop bekas tersebut. Layar atau LCD adalah komponen yang penting. Jadi usahakan membeli laptop bekas dengan kondisi layar yang masih bagus. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek kondisi layar. Diantaranya yakni dengan mengganti wallpaper laptop ke warna hitam polos.

Pastikan jika layar tidak memiliki bintik – bintik atau warna berbeda di setiap sudut layar. Selain itu bisa juga di cek dengan cara membuka dan menutup layar laptop secara perlahan. Jika terdapat gelombang pada layar, itu bisa menjadi salah satu indikasi layar laptop tersebut sudah mulai rusak.

Read Also :  Cara Menghilangkan Watermark Tiktok Tanpa Aplikasi Melalui Android

3. Cek Kondisi Keyboard

Cara cek laptop bekas selanjutnya adalah memastikan apakah kondisi keyboard berfungsi dengan baik. Caranya cukup mudah yakni dengan mencoba mengetik terlebih dahulu, jika terdapat kendala seharusnya hal ini akan cepat disadari. Cek juga fungsi pointer apakah bisa dijalankan dengan baik atau tidak.

4. Lihat Kondisi Lubang Soket Pada Laptop

Tak hanya beberapa tips di atas, cara cek laptop bekas juga harus memperhatikan bagian lubang soket. Bukan sebuah rahasia jika laptop adalah sebuah alat multifungsi yang sangat membantu pekerjaan manusia. Ada banyak hal yang bisa dimasukkan dan diperlihatkan di satu alat ini. Nah, lubang soket ini sendiri memiliki fungsi yang sangat penting.

Oleh karena itu, perlu juga memeriksa apakah lubang soket yang ada masih berfungsi dengan normal atau tidak. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan flashdisk, kabel HDMI, SD Card, atau headset untuk mengeceknya.

5. Periksa Kondisi Charge Dan Baterai

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah memeriksa kondisi baterai laptop dan charger nya. Pastikan kedua komponen ini bisa berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk mengecek kondisi baterai adalah dengan menggunakannya selama beberapa menit. Dalam beberapa menit pertama ini usahakan untuk membuka software yang berat.

Kemudian lihat bagaimana dampak pengurangan baterai tersebut. Jika berkurang dengan sangat cepat, kemungkinan besar kondisi baterai sudah rusak. Nah, untuk cek charge caranya cukup mudah, yakni dengan menyambungkan charger ke aliran listrik. Lihat proses pengisian apakah berjalan cepat atau lambat.

6. Periksa Kapasitas Hardisk

Hardisk adalah salah satu komponen penting dalam laptop. Belilah kapasitas hardisk sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar kapasitasnya maka semakin baik spesifikasi laptop tersebut. Sebelum membeli laptop bekas, sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika hardisk yang digunakan sesuai dengan yang tertera atau yang dikeluarkan pabrik resminya. Minta penjual untuk menunjukkan besar hardisk agar pembeli mengetahui kapasitas yang ditawarkan benar.

Read Also :  How To Download TikTok Videos Without Logo With Free Android Apps

Itulah beberapa cara cek laptop bekas yang mungkin bisa membantu sobat saat ingin membeli laptop. Meski terkadang diabaikan namun hal ini sangat penting. Terlebih saat penjual tidak memberikan garansi pada produk yang telah dibeli. Mengingat barang yang dibeli bukan baru atau bekas biasanya memang tanpa garansi. Jadi perhatikan baik – baik sebelum membeli agar tidak kecewa di kemudian hari.

Leave a Comment