Begini Cara Cek KTP Elektronik Super Mudah Dan Praktis

Cara Cek KTP Elektronik Super Mudah

Begini Cara Cek KTP Elektronik Super Mudah Dan Praktis – Sudah tahu belum bagaimana cara cek ktp elektronik dengan mudah? Setelah resmi memegang KTP elektronik atau e-KTP, jangan lupa cek validitasnya. Apakah sudah benar-benar terdaftar atau belum di pusat dinas kependudukan nasional?

Lagipula untuk mengeceknya pemilik KTP elektronik tidak perlu pergi ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) secara langsung. Ada beberapa cara yang lebih mudah dan sederhana. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Cek KTP Elektronik Super Mudah Dan Praktis

1. Melalui Situs Disdukcapil

Mengecek KTP elektronik bisa lewat situs Disdukcapil. Dengan cara ini pengguna tidak perlu harus repot-repot pergi ke kantornya secara langsung. Cukup buka saja situsnya yaitu http://dukcapil.kemendagri.go.id. Situsnya bisa diakses melalui browser apapun bahkan perangkat apa saja. Jika situs sudah terbuka tinggal pilih menu e-KTP.

Selanjutnya, silahkan masukkan nomor NIK (16 rangkaian nomor yang tertera pada KTP). Terakhir tekan tombol “cek”. Maka, secara otomatis pada layar akan muncul data pribadi pemilik e-KTP dari NIK yang tadi dimasukkan. Seandainya data diri tak muncul, artinya nomor NIK yang dimasukkan bisa jadi salah atau tidak valid.

2. Melalui Media Sosial

Ada lagi salah satu cara cek KTP elektronik dengan mudah yaitu melalui media sosial. Jangan salah, media sosial saat ini bukan hanya bisa dipergunakan untuk aplikasi pertemanan atau berjualan saja. Tapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengecek validasi e-KTP yang dimiliki.

Read Also :  Cara Download Video Di IGTV Seperti Ini, Lho!

Caranya cari dulu akun Facebook atau Twitter dari Disdukcapil. Ingat gunakan akun yang sudah terverifikasi. Khusus untuk akun Facebooknya, silahkan pilih “Halo Dukcapil”. Sedangkan akun Twitter Disdukcapil adalah @ccdukcapil. Pemilik e-KTP bisa menyampaikan tujuannya melalui private message atau direct message salah satu akun media sosial tersebut.

3. Lewat Email

Bila memungkinkan, pemilik e-KTP bisa mengecek keabsahan NIK lewat email. Namun, jika menggunakan cara ini prosesnya terbilang relatif cukup lama. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? Melalui menu compose seperti saat mengirim email pada umumnya, pemilik e-KTP perlu menulis permintaan sesuai format yang berlaku.

Format yang paling benar adalah #NIK#Nama Lengkap#Nomor Kartu Keluarga#Nomor Telepon#Kelurahan. Setelah menuliskan format yang benar, bisa langsung kirim ke alamat email disdukcapil. Mengetahui alamat emailnya juga jangan sampai salah yaitu call center.dukcapil@gmail.com. Paling cepat pengguna akan diberikan respon sekitar 24 jam kemudian.

4. Melalui Call Center Disdukcapil

Bila sedang punya banyak pulsa, bisa dicoba mengecek validasi e-KTP lewat call center Disdukcapil. Menggunakan cara ini biasanya respon akan diberikan cukup cepat sehingga direkomendasikan. Sebagai informasi saja, nomor call center disdukcapil ini adalah 15000-537.

Nanti akan tersambung ke petugas Dirjen Dukcapil Kemendagri. Pemilik e-KTP bisa langsung bertanya tentang keabsahan NIK KTP miliknya dengan mudah.

5. Lewat Aplikasi Chat (SMS atau WhatsApp)

Mengecek validitas e-KTP juga bisa lewat aplikasi chat seperti sms maupun Whatsapp yang sekarang ini sangat populer digunakan banyak orang. Bagi yang lebih nyaman menggunakan menu SMS, ada format khusus yang harus digunakan. Pengguna bisa menuliskan format Cek#KTP#NIK, lalu segera kirim ke nomor 0815-3636-9999.

Sementara untuk pengguna yang lebih suka aplikasi memakai Whatsapp pun tidak kalah mudah. Sama dengan ketika menggunakan menu sms, sebelum mengirim melalui whatsapp pun harus sesuai format ketentuan yang berlaku. Pengguna harus mengetikkan nama lengkap yang tertera pada KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Setelah yakin sesuai format, silahkan kirim ke 0813-2691-2479.

Read Also :  Cara Mendapatkan 1000 Subscriber Gratis Dengan Mudah

Itu tadi 5 cara cek ktp elektronik dengan mudah. Kini mengecek validitas e-KTP tidak perlu pergi ke Disdukcapil secara langsung. Selain repot, di tengah pandemi seperti sekarang sangat tidak dianjurkan untuk banyak keluar rumah. Jika hanya untuk memastikan keabsahan e-KTP yang dimiliki, gunakan saja salah satu cara di atas.

Leave a Comment