5 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

5 Cara Memperbaiki Play Store

5 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka – Penggunaan smartphone berjenis android pasti tak lepas dengan yang namanya Play Store. Play Store sendiri adalah sebuah perangkat aplikasi berlisensi resmi yang disediakan oleh Google sebagai wadah pengguna android untuk mengunduh berbagai aplikasi penunjang pada smartphone. Sayangnya, seperti umumnya aplikasi yang sering digunakan, tentu akan ada waktunya mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah Play Store yang tidak dapat dibuka. Apabila mengalami masalah tersebut. 5 cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka ini pastinya sangat membantu.

Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

1. Periksa Settingan Tanggal dan Waktu Pada Smartphone

Android sebagai smartphone yang mengikuti perkembangan zaman, pastilah ada fitur sinkronisasi sebagai bentuk kemudahan. Pengguna dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi terhadap kontak, map, bahkan waktu dan tanggal. Salah satu penyebab tidak dapat dibukanya Play Store ini karena tanggal dan waktu yang ada pada smartphone tidak sesuai dengan tanggal dan waktu Google. Oleh karena itu segera perbaiki settingan tanggal dan waktu pada smartphone agar Play Store dapat dibuka.

2. Matikan VPN dan Proxy Pada Smartphone

Seringkali VPN atau Proxy pada smartphone masih menyala setelah menggunakannya dan lupa untuk mengaktifkannya  kembali. Kedua hal ini terkadang malah menjadi penyebab smartphone tidak dapat membuka Play Store karena seperti di block. Bila kendala terdapat pada Proxy cukup buka settingan wireless and networks kemudian pilih more lalu pilih VPN. Untuk menonaktifkan VPN silahkan menuju menu Wifi pada smartphone lalu pilih VPN

Read Also :  Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan Paling Efektif

3. Update Operating System Pada Smartphone

Operating system atau biasa dikenal dengan istilah OS selalu melakukan update terbaru untuk penambahan fitur atau menghilangkan bug yang mengganggu pada smartphone. OS yang tidak update menjadi salah satu penyebab Play Store tidak bisa dibuka. Salah satu cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan update terhadap OS yang ada pada smartphone. Jika di smartphone terdapat notifikasi untuk pembaharuan OS segeralah untuk mengunduh OS terbaru.

4. Jangan Lupa Membersihkan Cache dan Data Pada Google Play Service

Apabila ketiga cara diatas masih tidak bisa masalah Play Store yang tidak bisa dibuka, cara berikutnya adalah dengan membersihkan Cache dan Data yang ada pada menu Google Play Service. Langkah pertama bukalah menu setting dan pilih apps management lalu cari menu Google Play Service. Berikutnya pilih opsi Show System Process dan buka menu storage. Pilih Clear Cache dan Clear Data untuk menghapus cache dan data. Terakhir restart smartphone dan masuk kembali ke aplikasi Play Store.

5. Siapkan Smartphone untuk Factory Reset atau Format Ulang Smartphone

Factory reset atau format ulang ini bertujuan mengembalikan settingan smartphone ke mode pabrik seperti pada waktu pertama kali. Factory reset ini bisa jadi jalan terakhir untuk menghadapi masalah Play Store yang tidak bisa dibuka. Sebelum melakukan factory reset ada baiknya untuk melakukan backup terhadap data-data yang ada dalam smartphone agar data penting tidak hilang ketika factory reset. Untuk melakukan factory reset sangat mudah, cukup masuk ke menu setting kemudian pilih backup and reset. Cari menu factory data reset kemudian pilih menu reset device.

Read Also :  Tidak Perlu Ribet, Berikut 7 Cara Mengatasi Kamera HP Buram yang Ampuh

Play Store merupakan aplikasi penting pada smartphone. Bayangkan saja bila Play Store tidak bisa dibuka ketika butuh mengunduh aplikasi penting. Pastinya akan menimbulkan kepanikan tersendiri bagi pengguna smartphone. Cukup membaca 5 cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka masalah tersebut menjadi masalah yang sangat mudah untuk diatasi.

Leave a Comment